Inilah Panduan Cara Menciptakan Pupuk Organik

Cara Membuat Pupuk Organik 

 Selamat tiba para penghobi tumbuhan dan para petani Inilah Panduan Cara Membuat Pupuk Organik

Selamat tiba para penghobi tumbuhan dan para petani, kembali berjumpa dengan kami blog pertanian organik pada kesempatan kita kali ini kita akan membahas bagaimana cara menciptakan pupuk organik. Sebelum kita membahas cara menciptakan pupuk organik tidak ada salahnya kita mengenal dulu apa itu pupuk dan fungsinya. Pupuk merupakan suatu materi yang mengandung nutrisi bagi tanaman. Fungsi dari nutrisi ini yaitu untuk makanan bagi tumbuhan tersebut. Kaprikornus tujuan awal dari pembuatan pupuk ini yaitu untuk memberi makan tumbuhan kita, mustahil tumbuhan kita kita beri makan pitzza atau sepageti.hehe.

Baiklah eksklusif saja kita bahas mengenai jenis jenis pupuk organik. Berdasarkan bentuknya pupuk ada dua jenisnya yaitu pupuk cair dan pupuk padat. Masing masing jenis mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing. Jika kita memakai pupuk organik cair kelebihannya akar tumbuhan akan gampang menyerapnya ke dalam badan tumbuhan sedangkan bila kita memakai pupuk organik padat tumbuhan akan usang dalam penyerapannya namun pupuk organik padat jauh lebih usang hilang dari tanah berbeda bila kita memperlihatkan dalam bentuk cair akan lebih gampang hilang ataupun menguap. Itulah sebabnya mengapa pupuk organik cair atau sering kita sebut POC harus sering di aplikasikan ke dalam tumbuhan dari pada yang berbentuk padat.

Dalam menciptakan pupuk organik baik cair maupun padat kita harus memperhatikan materi bahan yang kita pakai dan tujuan dari pemupukannya. Jika tumbuhan berada pada masa pertumbuhan dan sedang membutuhkan daun yang banyak untuk memasak makanan alangkah baiknya kita gunakan materi yang banyak mengandung nitrogen dan zat auksin lantaran materi tersebut sangat baik untuk pertumbuhan daun. Berbeda lagi bila menginginkan pembuahan yang besar kita harus menciptakan pupuk organik dari materi bahan yang mengandung kalium, kalsium, phosphat lantaran materi bahan tersebut sangat baik untuk pembesaran  buah.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Untuk Masa Pertumbuhan

 Selamat tiba para penghobi tumbuhan dan para petani Inilah Panduan Cara Membuat Pupuk Organik

Seperti yang sudah kita bahas di atas untuk menciptakan POC atau pupuk organik cair dengan tujuan pertumbuhan daun dan batang kita gunakan materi bahan yang banyak mengandung nitrogen menyerupai daun daun sisa, sayuran busuk, urin binatang ternak dan juga kotoran ayam, kenapa kotoran ayam, lantaran kotoran ayam banyak mengandung nitrogen yang baik untuk tumbuhan khususnya penghijauan.
Nah untuk materi bahan yang banyak mengandung auksin untuk pertumbuhan cabang dan pucuk kita sanggup gunakan bawang merah dan juga batang rebung (anakan bambu) selain itu anda juga sanggup gunakan bonggol pisang. 

Cara membuatnya sangat gampang sama menyerupai cara menciptakan pupuk organik cair pada umumnya anda sanggup gunakan semua materi tersebut atau sebagian saja, kemudian hancurkan semua materi sanggup memakai blander atau tumbuk sampai halus kemudian masukkan ke dalam wadah tong ataupun bejana kemudian campurkan mikroba penghancur materi bahan tadi anda sanggup gunakan EM4yang paling gampang di temukan di toko pertanian, bila sudah barulah anda masukkan gula/ tetes tebu sebagai perangsang maupun sumber tenaga bagi sang mikroba tadi. Tutup rapat biar mikroba sanggup bekerja dan jangan terkena sinar matahari langsung. 

Setelah tiga hari maka akan tercium busuk busuk tape atau busuk alkohol yang sedap, bila sudah maka pupuk siap di gunakan ke dalam tumbuhan maupun di semprotkan ke dalam tumbuhan ingat dalam mengguanakan dalam sistem semprot kita harus mengencerkannya terlebih dahulu biar tidak terjadi gosong atau terbakar pada daun tanaman. 

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Untuk Masa Pembuahan Tanaman

 Selamat tiba para penghobi tumbuhan dan para petani Inilah Panduan Cara Membuat Pupuk Organik

Kita sudah membahas bagaimana cara menciptakan POC di awal tanam dengan tujuan pertumbuhan kini kita akan membahas bagaimana menciptakan POC untuk masa masa pembungaan sampai masa pembuahan bagi tumbuhan atau yang sering di sebut masa generatif. Pada masa ini tumbuhan banyak membutuhkan Kalsium, Kalium Hingga Posphat. Untuk sobat sahabat yang ingin menciptakan pupuk organik cair ini anda harus menyiapkan materi bahan yang banyak mengandung kebutuhan tumbuhan tersebut menyerupai serabut kelapa, air cucian beras, kulit telur, kotoran kambing atau kotoran sapi dan kulit pisang semua materi bahan tersebut sanggup anda campurkan menjadi satu atau anda sanggup menentukan satu dari materi bahan tersebut. 

Setelah materi bahan siap anda tinggal menghancurkannya sampai lembut, anda sanggup gunakan blander atau anda tumbuk sampai halus. Ketika semua sudah halus anda masukkan kedalam tong atau bejana kemudian campurkan dengan mikroorganisme pengurai menyerupai EM4 dan lain sebagainya barulah kita tambahkan gula/ tetes tebu sebagai perangsang mikroba biar mau bekerja menguraikan materi bahan tadi. Barulah sesudah tiga hari pupuk sudah siap untuk di gunakan dengan cara di kocorkan kedalam perakaran atau di semprotan dengan konsentrasi yang rendah.

Cara Membuat Pupuk Organik Padat Dari Kotoran Sapi

 Selamat tiba para penghobi tumbuhan dan para petani Inilah Panduan Cara Membuat Pupuk Organik

Sekarang kita akan bahas bagaimana cara menciptakan kotoran binatang terutama sapi menjadi pupuk organik padat yang siap di gunakan untuk meambah asupan nutrisi bagi tanaman.
Kotoran sapi pada umumnya berbetuk becek dan menggumpal oleh lantaran itu kita perlu memakai cacahan jerami ataupun sekam padi. Bahan tersebut berfungsi sebagai serat yang nantinya akan menyebabkan kotoran sapi tidak menggumpal. Pertama tama caranya kita campurkan antara kotoran sapi dan sekam secara merata kemudian kita siramkan mikroba pengurai menyerupai EM4 misalnya yang telah kita encerkan dengan memakai air dan juga gula maupun tetes tebu. Berikutnya sanggup kita tutup memakai terpal atau yang lainnya. Setelah tiga hari kemudian kita aduh aduk sampai biar hawa panas yang sanggup keluar sehingga mikroba tetap hidup. Harap hati hati dalam pengadukan lantaran panasnya sanggup mencapai 80 drajat celcius. Jangan kuatir hal ini justru membuktikan mikroba bekerja dengan sempurna. Lakukan pengadukan tiap tiga hari sekali sampai hawa panas pada pupuk menghilang. Jika kotoran sapi sudah tidak menggumpal dan tidak ada hawa panas maka pupuk organik padat sudah siap untuk di gunakan.

Cara Membuat Pupuk Organik Padat Dari Sisa Sampah Rumah Tangga

 Selamat tiba para penghobi tumbuhan dan para petani Inilah Panduan Cara Membuat Pupuk Organik

Bagi anda yang mempunyai sampah rumah tangga anda juga sanggup memanfaatkannya untuk menjadikannya pupuk, dah bahkan nutrisi yang di hasilkan lebih lengkap, saya sendiri lebih sering memakai pupuk dari sisa sampah ini. Pertama tama anda harus memilah sampah sampah tersebut pilah sampah yang mengandung plastik dan kertas. Berikutnya kita potong kecil kecil biar gampang terurai, sekitar ukuran 1 cm. sebetulnya lebih kecil lebih baik. Barulah kita masukan kedalam tong yang sudha kita lobangi bawahnya. Tujuannya biar air sisa fermentasi sanggup terbuang sehingga pupuk yang di hasilkan benar benar kering. 

Setelah semua materi bahan berada di dalam tong tadi barulah siram dengan mikroba pengurai menyerupai EM4 misalnya anda juga sanggup menambahkan dolomite bila punya bila tidak bubuk bakar atau sekam bakar juga bisa. Barulah di lapisan paling atas kita tambahkan tanah setinggi 10cm tujuannya biar tidak ada busuk busuk yang keluar dari sasa sampah tadi.
Tunggu sampai satu bulan maka pupuk organik padat dari sisa sampah rumah tangga sudah siap untuk di gunakan.

Nah demikianlah artikel kita mengenai cara menciptakan pupuk organik baik yang berbentuk cair maupun padat. Cara tersebut yaitu cara yang paling gampang sanggup anda praktekka di rumah anda. Namun untuk cara cara lain kami akan berikan pada artikel kami selanjutnya, baca juga cara menanam bawang daun di rumah. Semoga bermanfaat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri Dan Fungsi Alat Pernapasan Hewan

Contoh Power Point Perihal Pertanian

Peluang Perjuangan Yang Bekerjasama Dengan Pertanian