Ciri Dan Fungsi Alat Pernapasan Hewan

Hewan sebagai makhluk hidup bertumbuh dan berkembang biak dengan cara yang khusus dengan ciri dan fungsi khas. Misalnya binatang serangga belalang dan kupu-kupu, burung, amfibi, ikan, cacing tanah, kalajengking, laba-laba, reptil, hingga mamalia punya ciri dan cara dalam menggunakan fungsi alat pernapasan mengikuti keadaan dalam lingkungan.

Sumber: Pxhere/Moses

Apa saja ciri dan fungsi alat pernapasan tiap hewan?


1. Serangga

Dunia binatang serangga ialah makhluk averterbrata yang bab tubuhnya dipisahkan dalam 3 bagian, kepala, thorax dan abdomen. Bagian badan serangga disebut Toraks terdapat sekitar kepala hingga synthesizer abdomen. Abdomen pada serangga menyerupai kupu-kupu berada di bab ekor belakang.

Fungsi alat pernapasan kupu-kupu sebagai serangga dibantu trakea yang ditemukan pada jenis serangga nyamuk, belalang, lalat hingga kupu-kupu. 

Kegunaan alat pernapasan kupu kupu trakea dalam badan serangga berbentuk pembuluh bercabang mengarah ke stigma yang ada di kiri dan kanan ialah membantu udara mengalir. 

Metabolisme dari ciri serangga ketika bernapas menggunakan oksigen tidak dengan ajaran darah. Oksigen tersebut diedarkan secara prosedur trakea.

Populasi spesies serangga di dunia sangat banyak dan terdapat lebih dari 800.00 spesies. Spesies serangga ini terbagi dalam kelompok puluhan ribu spesies belalang, ratusan ribu spesies kupu-kupu dan ngengat hingga ratusan ribu kumbang, semut dan lainnya.

Ciri-ciri umum binatang serangga, diantaranya:

kemampuan lisan untuk mengunyah, menghisap, makan dan penusuk cairan yang diambil menjadi sumber makanan, fungsi alat pernapasan menggunakan sistem trakea

2. Burung

Dunia binatang burung ialah makhluk vertebrata yang artinya mempunyai tulang belakang dan bersayap. Jumlah kelompok burung di dunia diperkirakan lebih dari 8000 spesies, yang sebagian banyak hidup di Indonesia.

Cara burung bernapas oksigen menggunakan alat pernapasan paru-paru yang disimpan dalam kantong udara berselaput tipis. Oleh karenanya, burung bisa terbang di udara alasannya lebih ringan ketika kantong tersebut menjadi besar.

Fungsi lain dari kantong udara pada burung ialah media penyimpanan udara yang digunakan ketika terbang. Kegunaan kantong udara yang dimiliki burung ketika terbang ialah mereka tidak bernapas mengambil oksigen lewat bab hidung. Mereka akan menggunakan udara yang tersimpan.

Jika rute terbang burung belum hingga dan simpanan udara di kantong udara hampir habis, cara burung mengisi kembali oksigen dengan berhenti mengepak sayap sekaligus menghirup udara dari hidung. Biasanya Anda melihat burung terbang tinggi kemudian berhenti di satu tempat, kemungkinan mereka sedang mengisi udara ke kantong oksigen sebelum melanjutkan perjalanan, alat pernapasan menggunakan paru-paru

Ciri-ciri umum burung, diantaranya:

punya bulu dan bersayap, mempunyai paruh, bertelur, tidak berdaun telinga, kelompok binatang yang mengalirkan darah ke badan dalam satu putaran, 2 kali, mempunyai indera penglihatan yang baik, cara berkembang biak dengan bertelur.


3. Amfibi

Dunia binatang amfibi ialah binatang vertebrata yang artinya mempunyai tulang belakang dan bisa hidup di 2 alam berbeda, air dan darat.

Sebagai makhluk hidup di 2 dunia, binatang amfibi bernapas menggunakan paru-paru dan kulitnya sebagai alat pernapasan. Perbedaan alat pernapasan amfibi pintar balig cukup akal dengan paru-paru dan kulit dibanding sebelum pintar balig cukup akal menggunakan insang.

Ciri-ciri umum binatang amfibi, diantaranya:

bertelur dan mengerami, mempunyai tekstur kulit tipis, berpori dan terkadang kulitnya menjadi lendir atau racun, jenis binatang berdarah panas, sebagian besar binatang amfibi berkembang biak dengan cara bertelur. dan kakinya berselaput


4. Ikan

Dunia binatang ikan ialah kelompok vertebrata yang berdarah dingin. Habitat kehidupan ikan banyak terdapat di air dan menggunakan alat pernapasan insang untuk mengambil oksigen.

Ciri-ciri umum ikan, diantaranya:

bernapas dengan insang, bab kulit sebagian besar bersisik dan berlendir, mempunyai kemampuan berkembang biak dengan cara ovovivipar, ovipar atau vivipar. Umumnya cara berkembang biak ikan dengan bertelur dan beberapa jenis ikan bisa berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak.


5. Reptil

Dunia reptil ialah kelompok binatang vertebrata yang berdarah hirau taacuh dan berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar) dan sebagian lagi vivipar (melahirkan). Beberapa nama binatang reptilia yang populer menyerupai ular, buaya atau binatang lainnya bergerak dengan cara merayap.

Ciri-ciri umum binatang reptil, diantaranya: 

tidak mempunyai kelenjar keringat, bisa mengeluarkan aroma khas sebagai menarik lawan jenis, cara pencernaan kuliner tidak dalam mulut, bentuk gigi padat, panjang dan runcing, sebagian besar alat pernapasan reptil menggunakan paru-paru dan sebagian bisa menggunakan kulit mengambil oksigen.


6. Mamalia

Dunia binatang mamalia ialah kelompok binatang vertebrata yang mempunyai kelenjar susu untuk diberikan sebagai kuliner pada anak mereka. Mamalia masuk berdarah panas menyerupai kucing, anjing, tikus, kera, gajah, paus, kerbau, sapi dan lainnya.

Ciri-ciri umum binatang mamalia, diantaranya: 

bagian badan terdapat rambut atau bulu,tekstur kulit tipis dan penebalan dibagian tertentu, menyerupai telapak tangan dan telapak kaki, mempunyai kelenjar susu berfungsi sebagai kuliner pada bayi usia kecil, sistem otot mamalia tersusun oleh otot segmental, mempunyai bentuk gigi bervariasi (gigi seri, gigi taring, gigi geraham), alat pernapasan makhluk mamalia menggunakan paru-paru dan cara berkembang biak mamalia melahirkan dan sebagian sanggup bertelur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Power Point Perihal Pertanian

Peluang Perjuangan Yang Bekerjasama Dengan Pertanian