Cara Menanam Bawang Daun Dalam Pot

Cara Menanam Bawang Daun Dalam Pot

 Bawang daun atau dalam bahasa inggris di sebutkan Welsh Onion Cara Menanam Bawang Daun Dalam Pot

Cara Menanam Bawang Daun Dalam Pot | Bawang daun atau dalam bahasa inggris di sebutkan Welsh Onion. Namun bila di negara kita bawang daun ada dua jenisnya. Pertama yang sering di sebut bawang sentir dengan ciri ciri daunnya yang kecil kecil namun rimbun, biasanya di gunakan untuk lumpia ataupun adonan bakso. Kemudian yang kedua di sebut bawang prai mempunyai ciri bentuknya yang besar besar biasanya dipakai sebagai adonan martabak ataupun adonan mie ayam. Keduanya sangat sering di budidayakan oleh masyarakat Indonesia khususnya di kawasan dataran menengah sampai tinggi, antara 200-1000mdpl. Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai power point pertanian sedangkan kali ini kita akan membahas bagaimana cara menanam bawang daun di rumah memakai pot. Tentu saja sangat bermanfaat apabila kita sanggup menanam bawang daun ini di rumah kita sendiri. Terlebih kebutuhan untuk kuliner di rumah tidak terlalu banyak. Baca juga cara gampang budidaya ikan cupang.

Jenis Jenis Bawang Daun

 Bawang daun atau dalam bahasa inggris di sebutkan Welsh Onion Cara Menanam Bawang Daun Dalam Pot Bawang daun atau dalam bahasa inggris di sebutkan Welsh Onion Cara Menanam Bawang Daun Dalam Pot

Jenis bawang daun Allium fistulosum atau bawang prai merupakan jenis bawang daun yang mempunyai bentuk besar berongga dan berujung runcing. Jenis ini paling banyak ditanam dan di gunakan, pertama sebab lebih gampang tumbuh dan berpengaruh terhadap penyakit.
Yang kedua jenis bawang daun Allium porum atau bawang sentir dengan bentuk daun yang kurus dan kecil namun bergelombol dan cepat beranak pinak. 

Media Tanam Bawang Daun

Sebelum menanam bwang daun alangkah baiknya kita siapkan jenis media yang akan kita pakai, berhubung kita akan menanam bawang daun di polibag atau pot maka media yang akan dipakai juga berbeda. Agar flora sanggup tumbuh sumbur nantinya kita siapkan tanah yang gembur kemudian pupuk sangkar ataupun pupuk kompos, kemudian arang sekam jikalau ada. Jika tidak sanggup memakai sekam biasa. Agar sanggup cepat panen anda juga sanggup memperlihatkan pupuk dasar atau pupuk awalan berupa phonska atau NPK 16-16-16. Aduk semua media tadi sampai rata kemudian masukkan kedalam pot. Anda sanggup memakai pot bekas kaleng cat tembok ataupun sanggup membeli pot biasa.

Memilih Bibit Bawang Daun

 Bawang daun atau dalam bahasa inggris di sebutkan Welsh Onion Cara Menanam Bawang Daun Dalam Pot

Berikutnya saatnya ada menyiapkan bibit bawang daun, benih bawang daun ada dua jenis sanggup berasal dari benih atau biji kemudian sanggup juga berasal dari tanamannya pribadi sanggup anda beli di tukang sayur. Mungkin anda akan kesulitan mendapat benih dalam bentuk biji. Namun jikalau untuk di tanam di dalam pot anda juga sanggup memakai tanamannya pribadi silahkan membelinya di tukang sayur langganan anda, namun harus diingat beli yang masih terdapat akar tanamanya.

Cara Menanam Bawang Daun

 Bawang daun atau dalam bahasa inggris di sebutkan Welsh Onion Cara Menanam Bawang Daun Dalam Pot

Setelah anda dapatkan bibitnya anda sanggup menanamnya pribadi di media yang telah kita siapkan tadi. Jika anda menanam memakai flora bawang daunnya, anda sanggup pribadi memasukkan penggalan akar sampai kedalaman 5cm sampai batangnya sebagian tertutup oleh tanah. Lalu siram setiap pagi atau sore hari. Jika ingin lebih cepat anda juga sanggup memotong penggalan daunnya sampai hanya tersisa penggalan batang dan akarnya saja. 

Cara Perawatan Bawang Daun

 Bawang daun atau dalam bahasa inggris di sebutkan Welsh Onion Cara Menanam Bawang Daun Dalam Pot

Setelah bawang daun tertanam tunggu sampai satu ahad maka akan terlihat tunas bawang daun mulai tumbuh. Sekarang waktunya anda melaksanakan perawatan. Perawatan bawang daun di pot atau polibag sangatlah gampang sekali, cukup di siram setiap. Ketika bawang daun sudah berumur 2 ahad lakukan pemupukan memakai urea ataupun ZA biar daun cepat beranak dan hijau.
Pada umur flora satu bulan lakukan pemupukan kedua dengan memakai KCL atau NPK saja biar flora berbatang berpengaruh dan daunnya tidak roboh. 

Cara Pemanenan Bawang Daun

 Bawang daun atau dalam bahasa inggris di sebutkan Welsh Onion Cara Menanam Bawang Daun Dalam Pot

Pada hari ke 45 biasanya flora sudah rimbun dan beranak pinak bahkan memenuhi media pot. Pada waktu ini anda sudah sanggup memanen bawang daun anda. Jika ingin infinit anda sanggup memanen bertahap dengan cara memotong penggalan batang dan meninggalkan penggalan akarnya biar sanggup tumbuh kembali. 
Nah demikianlah cara menanam bawang daun di media pot, sangat gampang bukan caranya. Sangat gampang untuk mempraktekkannya. Salam pertanian organik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri Dan Fungsi Alat Pernapasan Hewan

Contoh Power Point Perihal Pertanian

Peluang Perjuangan Yang Bekerjasama Dengan Pertanian